Rabu, 21 Desember 2011

Resensi:: Heart Is (Maeumi)

cast : Yoo Seung-ho(유승호), Kim Hyang-ki (김향기)
Directed by Oh Dal-gyoon (오달균)

Screenplay by Sin Dong-ik (신동익)

97min Release date in South Korea : 2006/10/26

Alternative title : Hearty Paws

Film bertajuk keluarga ini merupakan film yang benar-benar menyentuh. Bermula dari Soi, adik Chan yang saat itu akan berulang tahun dan menginginkan seekor anjing. Dini hari, Chan mencuri seekor anak anjing berbulu putih yang baru lahir dari rumah seseorang untuk dihadiahkan kepada adiknya. Soi, yang ketika bangun tidur tiba-tiba dikejutkan oleh kedatangan anak anjing itu pun sangat senang. Sejak saat itu Maeum -nama yang diberikan Soi untuk anak anjing tersebut- menjadi bagian dari keluarganya. Kemanapun Soi pergi, Maeum selalu mengikuti.  Soi hanya tinggal berdua saja dengan Chan sebelumnya hingga kini bertambah satu anggota setelah kedatangan Maeum, hingga Maeum tumbuh besar kini.

            Selama ini, Paman dan Bibinya lah yang membiayai sekolah Chan, sementara Ibu Chan dan Soi pergi entah kemana. Satu-satunya barang pemberian Ibunya yang sampai kini masih disimpan baik-baik oleh Soi adalah ransel merah jambu yang selalu menemani Soi kemanapun ia pergi. Hingga suatu hari, Paman dan Bibinya harus pindah rumah tanpa membawa Chan dan Soi, karena keduanya tak akan sanggup membiayai sekolahnya lagi. Chan marah karena Pamannya menjelek-jelekkan Ibunya yang tidak bertanggung jawab, walaupun sebenarnya ia pun kecewa dengan sikap Ibunya. Sebelum Bibinya pergi, ia sempat memberikan alamat apartemen Ibunya kepada Chan.

            Di suatu malam, Soi menemukan kertas bertuliskan alamat Ibunya tersebut. Semalaman ia merengek ingin pergi menemui Ibunya. Chan yang mulai tidak tahan dengan semuanya hanya bisa marah, pikirannya benar-benar kacau, kacau akan semua yang terjadi dalam hidupnya. Mengapa Ibunya pergi? Mengapa Ibunya tak pernah kembali lagi tanpa menghiraukan kedua anaknya???
            “Aku bisa hidup tanpa Ibu, tapi dia (Soi) tidak... Suatu hari, di saat aku tak lagi di sisinya, kau harus bisa menjadi kakaknya,” kata Chan malam itu pada Maeum yang membaringkan kepalanya di paha Chan. Maeum yang seolah mengerti apa yang dikatakan Chan menyambut tangan Chan sebagai tanda janji. Chan tidak pernah tahu bahwa malam itu adalah malam yang menentukan segalanya. Malam dimana perjalan hidup Chan berubah. Perjalanan Chan baru akan dimulai.

            Kehidupan Chan begitu sulit. Berbagai aral rintangan menghadangnya. Kejadian menyedihkan bersama adiknya, pertengkaran dengan Maeum, perjalanan mencari Ibunya, pertemuan dengan pengasuh anak jalanan, bahkan beberapa kali sempat hamper terbunuh. Lalu bagaimana dengan Soi, adiknya? Apakah ia berhasil bertemu dengan Ibunya? Sungguh perjalanan yang panjang, namun diringkas dengan indah dalam film berdurasi 97 menit ini.
            Tidak akan rugi menonton film ini. Saya akui, diantara film tentang anjing yang pernah saya tonton, film inilah yang paling menguras air mata, tidak tanggung-tanggung, baru beberapa menit dimulai, film ini bisa membuat saya menangis. Jadi, saya anjurkan banget untuk menonton film penuh inspiratif ini.

1 komentar:

  1. like this post ! :)
    film nya memang bagus :)
    main juga ke gubuk maya saya ya :)

    http://missshaviha.blogspot.com/

    (mohon like dan komentarnya)
    terimakasih :)

    BalasHapus