Minggu, 04 Desember 2011

Tingkatkan POLUSI...!!! (part 3 0f 5)

Ini part 3. Terimakasih yang masih mengikuti sejuta aksi menuju Indonesia sehat. :)
Bagi yang aru mengikuti, jangan salah paham tentang POLUSI. Itu punya arti tersendiri di sini, yakni PrOgram LingkUngan Sehat Indonesia.


RUMAH SEHAT

      Setiap orang pasti ingin memiliki hunian yang indah, nyaman dan sehat. Rumah pada dasarnya adalah tempat hunian yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang. Arti penting rumah sebagai tempat untuk membangun kehidupan keluarga sehat dan sejahtera tidak harus berwujud rumah mewah dan besar namun rumah yang sederhana dapat juga menjadi rumah menjadi rumah yang sehat dan layak huni.
      Apa saja sih kriteria rumah sehat.. ini dia nih yang paling penting.. untuk mencipkan rumah yang sehat maka diperlukan perhatian terhadap beberapa aspek yang sangat berpengaruh, antara lain :

  • Sirkulasi udara yang baik
  • Penerangan yang cukup
  • Air bersih terpenuhi
  • Pembuangan air limbah diatur dengan baik
  • Komponen rumah terhindar dari pencemaran lingkungan, seperti resapan air kotor maupun udara kotor.
Coba bayangkan jika rumah kita mempunyai semua kriteria di atas. Wahh.. asik deh, pasti jadi betah di rumah.


 DONOR DARAH

      Darah adalah komponen tubuh yang berperan membawa nutrisi dan oksigen ke semua organ tubuh, termasuk organ-organ vital seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan hati. Jika darah yang beredar di dalam tubuh sangat sedikit oleh karena berbagai hal, maka organ-organ tersebut akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Akibatnya, dalam waktu singkat terjadi kerusakan jaringan dan kegagalan fungsi organ, yang berujung pada kematian. Untuk mencegah hal itu, dibutuhkan pasokan darah dari luar tubuh dengan cara transfusi darah.
Apa sih manfaatnya donor darah bagi pendonor? Mengetahui golongan darah dan apa saja penyakit yang diderita seseorang termasuk terhindar dari timbulnya penyakit jantung adalah beberapa manfaatnya.
Sekantong darah yang didonorkan seringkali dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Dengan kata lain, menunda-nuda donor darah sama saja menunda untuk menyelamatkan nyawa seseorang.

IMUNISASI

Kita sering mendengar kata ‘imunisasi’. Apa sebenarnya arti kata tersebut? Imunisasi adalah pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Imunisasi inilah yang merupakan salah sau cara agar virus-virus penyebab penyakit tidak mudah masuk ke tubuh kita. Kekebalan tubuh dapat timbul karena vaksin yang dimasukkan akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap vaksin tersebut, sehingga akan ada penangkal jika kelak kita akan terserang virus misalnya Tetanus, Hepatitis B, Influenza, Typhus, Radang selaput otak, Radang paru-paru, dan masih banyak penyakit lainnya yang sewaktu-waktu muncul dan mematikan. Pada umumnya, imunisasi dilakukan sejak dini saat kita masih rentan terhadap penyakit.
Vaksin secara umum cukup aman. Keuntungan perlindungan yang diberikan vaksin jauh lebih besar daripada efek samping yang mungkin timbul. Dengan adanya vaksin maka banyak penyakit masa kanak-kanak yang serius, yang sekarang ini sudah jarang ditemukan. Sudahkah kita imunisasi?


Finishing part 3, let's go to part 4. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar