Minggu, 04 Desember 2011

Tingkatkan POLUSI...!!! (part 5 0f 5)

Nah, ini part terakhir :)
Langsung kita lihat aksi-aksi lainnya ya, tanpa lupa mengingatkan kembali bahwa POLUSI = PrOgram LingkUngan Sehat Indonesia.

Udara Bersih

      Setiap hari pohon menyerap karbondioksida di sekitarnya dan melepaskan gas oksigen. Tentunya semua tahu bahwa karbondioksida dengan jumlahnya yang banyak di udara bebas menjadi sangat berbahaya bagi pernafasan manusia. “Satu pohon bertajuk satu meter menyerap 1,881 kilogram karbon per hari. Jadi tanpa pohon, karbon akan menggantung di atmosfer dan menjadi sebab pemanasan global.” (intisari, November 2008, 171).
      Membicarakan tentang udara yang bersih tentunya harus dengan kesadaran diri masing-masing, contohnya reboisasi. Secara tidak langsung reboisasi termasuk salah satu cara untuk meningkatkan mutu kesehatan di indonesia. Dengan reboisasi , kita akan turut membantu meminimalkan jumlah kadar karbondioksida yang menggantung di atmosfer sehingga udara sedikit demi sedikit akan menjadi lebih bersih dan tidak mengganggu kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, ayo kita ramai-ramai menanam sejuta pohon untuk kesehatan indonesia.

Olahraga, yuk.!!

      Inilah hal penting yang menjadi titik poin untuk mencapai kesehatan secara maksimal. Olahraga.. Ya, kesehatan tubuh selalu identik dengan olahraga. Namun jika itu hanya dilakukan sekali atau dua kali saja tentunya tidak akan memberikan efek terhadap perkembangan kesehatan tubuh. Cobalah lakukan olahraga secara rutin, banyak sekali manfaat dari berolahraga, seperti menurunkan lemak, menjaga kesehatan psikologis, mencegah berbagai macam penyakit dan lain-lain.
      Waktu yang tepat untuk berolahraga antara lain pagi dan sore hari. Mengapa.? Ya, karena sinar matahari pagi dan sore hari sehat untuk pertumbuhan tulang. Pagi ataupun sore hari sama saja. Yang penting, get fit.!!

Vegetarian
          

      Vegetarian adalah salah satu pilihan untuk hidup sehat. Menjadi vegetarian tidaklah sesulit bayangan orang pada umumnya. Mulailah secara bertahap, seperti mengurangi makan daging dan juga menghindari kuah makanan yang mengandung hewani. Cobalah variasikan menu makanan sehari-hari seperti tempe,tahu,sayuran dan yang paling penting minum air putih serta mengkonsumsi buah-buahan.
      Tidak sedikit manfaat menjadi vegetarian lho.. dari segi kesehatan jelas terbukti bahwa vegetarian itu menyehatkan, selain itu menjadi vegetarian juga menghindarkan diri dari penyakit yang bisa menular melalui hewan seperti flu burung.

Lakukanlah 3M

Penyakit demam berdarah adalah penyakit menular yang berbahaya, dapat menimbulkan kematian dalam waktu singkat dan sering menimbulkan wabah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, yang tersebar luas di rumah-rumah dan tempat umum di indonesia. Untuk mencegah dan membatasi penyebaran penyakit demam berdarah ini, setiap keluarga perlu melakukan pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah ini dengan cara ‘3M’ yaitu menguras tempat-tempat penampungan air seperti tempayan, drum, bak mandi/bak wc dan lain-lain atau menaburkan bubuk abate, menutup rapat-rapat tempat penampunganair, agar nyamuk tidak dapat masuk dan berkembang biak di dalamnya dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng-kaleng bekas, plastik bekas dan lain-lain.
Apa arti penting ‘3M’ itu? Gerakan ‘3M’ adalah kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk memutuskan rantai kehidupan (daur hidup) nyamuk Aedes Aegypti, penular penyakit demam berdarah di tempat-tempat penampungan air, bak mandi dan lain-lain. Selain itu, gerakan ‘3M’ juga harus dilakukan secara teratur sekurang-kurangnya seminggu sekali. Agar kita bebas dari ancaman penyakit DBD, maka kegiatan 3M ini harus dilakukan oleh seluruh masyarakat, sehingga perlu dilakukan upaya untuk menggerakkan masyarakat dalam’3M’.

Nah, ini part terakhir. Sebenarnya masih banyak aksi lainnya, tapi cukup sampai di sini penjelasanku. Makasih banyak bagi yang sudah mengikuti part 1 sampai part 5. Semoga semuanya bisa bermanfaat, amin... ^^
Tapi jangan cuma dibaca aja ya, buktikan aksimu untuk Indonesia tercinta!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar