Minggu, 04 Desember 2011

Tingkatkan POLUSI...!!! (part 4 0f 5)

Nggak lupa saya ingatkan, di sini kepanjangan POLUSI adalah PrOgram LingkUngan Sehat Indonesia. :)
This is fourth part. Yey, tinggal satu part lagi, yuk, buruan...

Say ‘no’ to cigarette

      Sebagian orang menganggap merokok adalah salah satu kebutuhan. Padahal jelas tertera bahwa banyak kerugian dari merokok yang dapat mengganggu kesehatan, misalnya saja tuberkulosis, impotensi, kanker, gangguan janin, bahkan dilihat dari segi ekonomi, rokok menyebabkan naiknya anggaran belanja.
      Bagi yang belum pernah merokok jangan pernah coba-coba deh... Bukankah kerugian yang ditimbulkan sangat berbahaya? Bagaimana dengan perokok pasif? Ada yang bilang bahwa perokok pasif lebih berbahaya. Memang benar, namun jangan jadikan pernyataan ini sebagai alasan untuk menjadi perokok aktif lho..  Bagi perokok pasif, cobalah gunakan masker pada saat bepergian, setidaknya dapat menghindari masuknya asap rokok ke dalam paru-paru.
      Nah... bagi perokok aktif, sedikit demi sedikit cobalah tinggalkan kebiasaan merokok. Kita punya tips-tips nih bagi orang yang ingin meninggalkan dunia nikotin ini. Kiatnya mudah, hanya dengan ‘membayangkan’ bahwa rokok adalah sampah yang selesai dibakar langsung dibuang.
     Yang kedua,1 cm rokok mengandung beribu-ribu zat yang sangat berbahaya, lalu bayangkan jika sebatang rokok panjangnya @±5cm, berarti bila sehari menghabiskan 1 bungkus berisi 12 batang rokok, berapa nikotin , tar dan karbonmonoksida yang akan dihirupkan setiap harinya? Wow... Bila terus-menerus dilakukan seperti itu, kematian akan terus mengikuti langkah kita. Karena itu, bagi yang ingin mencoba berhenti merokok, jangan tunda lagi!!!

KEBERSIHAN LINGKUNGAN

      Membicarakan tentang kesehatan Indonesia tentunya sangat berkaitan erat dengan kebersihan Indonesia itu sendiri. Kebersihan perlu dijaga karena kebersihan turut mempengaruhi tingkat kesehatan di Indonesia. Salah satu yang bisa menjadi sorotan adalah menumpuknya sampah-sampah di tempat umum. Hal ini memang kurang dilirik oleh masyarakat Indonesia, bukan karena tidak disediakannya tempat sampah, namun karena kurangnya kesadaran di dalam diri masing-masing. Masyarakat menganggap buang sampah sembarang sudah menjadi hal yang lumrah, karena mereka tidak mau peduli keadaan sekitar mereka. 
      Satu dua sampah memang tidak terlalu buruk dampaknya, namun apabila secara terus-menerus kita tidak membenahi perilaku buang sampah sembarangan, sampah akan menumpuk dan akan menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit lainnya. Terutama pada lingkungan di sekitar kita.. bayangkan saja pabila sampah- sampah berserakan dan menjadi sarang nyamuk. Apa yang akan terjadi kelak? Bagaimana kita akan mengantisipasinya? Memang untuk hal ini harus di mulai dari dalam diri sendiri. Selalu membersihkan lingkungan sekitar kita dan tidak membuang sampah sembarangan merupakan salah satu cara jitu agar kesehatan kita tetap terjaga dari sumber-sumber penyakit seperti malaria, demam berdarah dan lain-lain.

 ISTIRAHAT CUKUP

Pada umumnya manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Hari yang sukses dimulai dari tidur yang cukup di malam hari. Jadi bisa disimpulkan "istirahat yang cukup di malam hari menjadi kunci pokok kualitas hidup". Untuk itu, kamar tidur pun harus disulap sehingga tidak membosankan. Pemilihan warna dan motif sprei dapat membantu mewujudkannya dan salah satu trik yang gampang dan murah.


Masih ada aksi lainnya, jangan lewatkan part 5 ya, part terakhir loh~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar